anjing menggonggong tengah malam menurut islam

Kata Pengantar

Halo selamat datang di stempelexpress.co.id. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, anjing merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara sebagai hewan penjaga rumah. Anjing dikenal memiliki insting yang kuat dalam menjaga wilayahnya. Tidak jarang, anjing akan menggonggong ketika ada orang asing atau ancaman yang masuk ke dalam area yang dijaganya. Namun, bagaimana pandangan Islam terhadap anjing yang menggonggong di tengah malam? Apakah ada makna atau pertanda tertentu yang terkandung di dalamnya?

Pendahuluan

Anjing menggonggong tengah malam merupakan fenomena yang seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis dalam budaya Indonesia. Dalam perspektif Islam, terdapat beberapa pandangan yang berbeda mengenai makna dan pertanda anjing menggonggong tengah malam.

Pertama, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada malaikat yang akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut, sebagian ulama berpendapat bahwa anjing menggonggong tengah malam merupakan pertanda adanya malaikat yang hendak masuk ke rumah. Namun, ada juga ulama yang menafsirkan hadis ini secara metaforis, yaitu bahwa anjing melambangkan hal-hal buruk atau najis yang menghalangi masuknya rahmat Allah.

Kedua, dalam sebuah riwayat yang terdapat dalam kitab Musnad Ahmad, dikisahkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Anjing menggonggong tengah malam adalah untuk mengusir syaitan.” (HR. Ahmad)

Hadis ini ditafsirkan oleh sebagian ulama sebagai pertanda bahwa anjing menggonggong tengah malam merupakan cara untuk mengusir jin atau setan yang mengganggu manusia. Hal ini disebabkan karena jin atau setan dipercaya takut pada suara anjing.

Ketiga, dalam pandangan sebagian masyarakat, anjing menggonggong tengah malam dipercaya sebagai pertanda kematian atau kesialan. Keyakinan ini dikaitkan dengan mitos-mitos dan legenda yang berkembang di masyarakat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pandangan-pandangan tersebut hanyalah interpretasi manusia dan tidak terdapat dalil yang jelas dalam Al-Qur’an atau hadis yang mengaitkan anjing menggonggong tengah malam dengan hal-hal mistis atau pertanda tertentu.

Kelebihan Anjing Menggonggong Tengah Malam

Selain pendapat di atas, ada juga beberapa kelebihan anjing menggonggong tengah malam menurut Islam.

1. Menjaga Keamanan

Anjing yang menggonggong tengah malam dapat membantu menjaga keamanan rumah atau lingkungan sekitar. Anjing akan menggonggong ketika mendeteksi adanya orang asing atau bahaya yang mendekat.

2. Melindungi dari Jin atau Setan

Sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas, sebagian ulama berpendapat bahwa anjing menggonggong tengah malam dapat mengusir jin atau setan. Jin atau setan dipercaya takut pada suara anjing.

3. Memberikan Rasa Aman

Suara anjing yang menggonggong tengah malam dapat memberikan rasa aman kepada penghuni rumah. Anjing akan mengusir orang asing atau ancaman yang datang, sehingga penghuni rumah dapat merasa lebih tenang.

Kekurangan Anjing Menggonggong Tengah Malam

Selain kelebihan, terdapat juga beberapa kekurangan anjing menggonggong tengah malam menurut Islam.

1. Gangguan Suara

Anjing yang menggonggong tengah malam dapat menimbulkan gangguan suara bagi penghuni rumah dan tetangga sekitar. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan ketenangan.

2. Kesalahpahaman

Anjing yang menggonggong tengah malam dapat menyebabkan kesalahpahaman. Anjing mungkin menggonggong karena mendeteksi bahaya, namun tetangga yang tidak mengetahui hal tersebut mungkin menganggapnya sebagai gangguan.

3. Ketakutan

Suara anjing yang menggonggong tengah malam dapat menimbulkan rasa takut bagi sebagian orang, terutama bagi anak-anak dan lansia. Hal ini disebabkan karena suara anjing yang menggonggong sering dikaitkan dengan hal-hal mistis atau pertanda buruk.

Tabel Informasi Anjing Menggonggong Tengah Malam Menurut Islam

Pandangan Dalil Makna
Malaikat hendak masuk HR. Bukhari dan Muslim Anjing menggonggong untuk mengusir hal-hal buruk yang menghalangi masuknya malaikat.
Mengusir jin/setan HR. Ahmad Anjing menggonggong untuk menakuti dan mengusir jin/setan yang mengganggu manusia.
Pertanda kematian/kesialan Mitos dan legenda Tidak terdapat dalil yang jelas mengaitkan anjing menggonggong tengah malam dengan pertanda kematian atau kesialan.

FAQ

1. Apakah anjing menggonggong tengah malam merupakan pertanda buruk?

Tidak terdapat dalil yang jelas dalam Islam yang mengaitkan anjing menggonggong tengah malam dengan pertanda buruk.

2. Apakah anjing menggonggong tengah malam dapat mengusir malaikat?

Menurut hadis, malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing. Namun, hadis ini ditafsirkan secara metaforis oleh sebagian ulama.

3. Apakah anjing menggonggong tengah malam dapat mengusir jin atau setan?

Sebagian ulama berpendapat bahwa anjing menggonggong tengah malam dapat mengusir jin atau setan karena jin atau setan takut pada suara anjing.

4. Apakah suara anjing menggonggong tengah malam dapat memberikan ketenangan?

Suara anjing menggonggong tengah malam dapat memberikan rasa aman dan ketenangan bagi penghuni rumah karena menunjukkan adanya penjagaan.

5. Apakah anjing menggonggong tengah malam dapat menimbulkan gangguan?

Ya, anjing menggonggong tengah malam dapat menimbulkan gangguan suara bagi penghuni rumah dan tetangga sekitar.

6. Apa hikmah di balik anjing menggonggong tengah malam?

Hikmah dari anjing menggonggong tengah malam adalah untuk menjaga keamanan, melindungi dari gangguan jin atau setan, dan memberikan rasa aman kepada penghuni rumah.

7. Bagaimana cara mengatasi anjing menggonggong tengah malam yang mengganggu?

Cara mengatasi anjing menggonggong tengah malam yang mengganggu adalah dengan melatih anjing untuk menggonggong hanya ketika diperlukan, memberikan stimulasi yang cukup, dan berkonsultasi dengan dokter hewan jika anjing mengalami masalah perilaku.

8. Apa hukum memelihara anjing dalam Islam?

Hukum memelihara anjing dalam Islam adalah makruh (diperbolehkan namun tidak dianjurkan) kecuali untuk tujuan yang dibenarkan, seperti penjagaan, perburuan, atau pekerjaan lainnya.

9. Apakah suara anjing menggonggong tengah malam dapat menimbulkan rasa takut?

Ya, suara anjing menggonggong tengah malam dapat menimbulkan rasa takut bagi sebagian orang, terutama bagi anak-anak dan lansia.

10. Apakah anjing menggonggong tengah malam merupakan fenomena mistis?

Tidak, anjing menggonggong tengah malam merupakan fenomena alami yang tidak terkait dengan hal-hal mistis.

11. Apakah anjing menggonggong tengah malam dapat menandakan adanya tamu?

Ya, anjing menggonggong tengah malam dapat menandakan adanya tamu atau orang asing yang mendekati rumah.

12. Apakah suara anjing menggonggong tengah malam dapat digunakan untuk mengusir pencuri?

Ya, suara anjing menggonggong tengah malam dapat menimbulkan rasa takut dan mencegah pencuri masuk ke dalam rumah.

13. Apakah memelihara anjing untuk menjaga rumah merupakan hal yang dibolehkan dalam Islam?

Ya, memelihara anjing untuk menjaga rumah merupakan hal yang dibolehkan dalam Islam karena termasuk dalam tujuan yang dibenarkan.

Kesimpulan

Anjing menggonggong tengah malam dalam perspektif Islam memiliki makna dan pandangan yang berbeda-beda. Sebagian ulama berpendapat bahwa hal tersebut merupakan pertanda adanya malaikat yang hendak masuk atau untuk mengusir jin atau setan. Namun, terdapat juga pandangan bahwa suara anjing menggonggong tengah malam hanyalah fenomena alami yang tidak terkait dengan hal-hal mistis.

Selain itu, anjing menggonggong tengah malam juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dapat menjaga keamanan, melindungi dari jin atau setan, dan memberikan rasa aman. Sedangkan kekurangannya adalah dapat menimbulkan gangguan suara