banyak cicak di rumah menurut islam

Kata Pengantar

Halo, selamat datang di stempelexpress.co.id. Kehadiran cicak di rumah sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, kehadirannya dalam jumlah banyak justru menimbulkan keresahan di sebagian kalangan, khususnya yang menganut agama Islam. Dalam ajaran Islam, cicak dianggap sebagai hewan najis yang keberadaannya perlu dihindari. Namun, benarkah kehadiran banyak cicak di rumah merupakan pertanda buruk atau bahkan sebuah mitos belaka? Mari kita telaah lebih dalam.

Pendahuluan

Dalam Islam, cicak dianggap sebagai hewan najis besar karena terdapat hadis yang menyebutkan bahwa air liur cicak mengandung racun. Alasan lain yang mendasari hukum najisnya cicak adalah karena dianggap sebagai hewan yang menjijikkan dan membawa penyakit. Keberadaan cicak di rumah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penghuninya, terutama bagi mereka yang memiliki fobia terhadap hewan melata.

Meskipun dihukumi najis, Islam tidak melarang secara tegas keberadaan cicak di dalam rumah. Ustadz Adi Hidayat dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa cicak tidak termasuk hewan yang haram dibunuh. Artinya, jika keberadaan cicak di rumah dirasa mengganggu, maka diperbolehkan untuk membunuhnya dengan cara yang tidak menyiksa.

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait cara membunuh cicak. Sebagian ulama berpendapat bahwa cicak boleh dibunuh dengan cara apapun, termasuk dengan cara dipukul atau ditusuk. Sementara itu, sebagian ulama lain berpendapat bahwa cicak hanya boleh dibunuh dengan cara yang tidak menyiksa, seperti dengan menggunakan kertas atau sapu untuk mengusirnya.

Selain itu, terdapat pula hadis yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah meludahi cicak yang berada di tangannya. Hadis ini menunjukkan bahwa meskipun cicak dihukumi najis, namun tidak boleh diperlakukan secara kejam atau disiksa.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Islam tidak melarang keberadaan cicak di dalam rumah. Namun, karena dianggap sebagai hewan najis, keberadaan cicak dalam jumlah banyak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penghuninya. Oleh karena itu, jika keberadaan cicak di rumah dirasa mengganggu, maka diperbolehkan untuk membunuhnya dengan cara yang tidak menyiksa.

Kelebihan Banyak Cicak di Rumah Menurut Islam

Meskipun dianggap sebagai hewan najis, kehadiran cicak dalam jumlah banyak di rumah juga memiliki beberapa kelebihan yang dapat bermanfaat bagi penghuninya. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Mengontrol Populasi Serangga: Cicak merupakan hewan pemakan serangga. Kehadirannya di rumah dapat membantu mengontrol populasi serangga, seperti nyamuk, lalat, dan kecoa. Dengan berkurangnya populasi serangga, risiko penularan penyakit yang dibawa serangga juga akan menurun.
  • Memberikan Pelajaran bagi Anak-anak: Kehadiran cicak di rumah dapat menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Anak-anak dapat belajar tentang hewan najis dan cara-cara yang baik untuk membunuhnya.
  • Sebagai Tanda Keberkahan: Dalam beberapa kepercayaan masyarakat, kehadiran cicak di rumah dianggap sebagai tanda keberkahan. Cicak dipercaya dapat membawa keberuntungan dan rezeki bagi penghuninya.

Kekurangan Banyak Cicak di Rumah Menurut Islam

Selain memiliki kelebihan, kehadiran cicak dalam jumlah banyak di rumah juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat merugikan penghuninya. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  • Menimbulkan Rasa Tidak Nyaman: Meskipun tidak berbahaya, kehadiran cicak dalam jumlah banyak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penghuninya. Cicak dapat berkeliaran di mana-mana, termasuk di tempat-tempat yang sering digunakan oleh manusia, seperti dapur, kamar mandi, dan ruang tidur.
  • Membawa Penyakit: Meskipun dihukumi najis, cicak dapat membawa penyakit, seperti tifus dan salmonella. Penyakit ini dapat ditularkan melalui kotoran atau air liur cicak yang menempel pada makanan atau minuman.
  • Merusak Barang: Cicak dapat merusak barang-barang berharga di rumah, seperti buku, pakaian, dan perabotan. Hal ini terjadi ketika cicak buang air besar atau muntah di atas barang-barang tersebut.

Ciri-ciri dan Jenis Cicak

Cicak adalah hewan reptil yang tergolong dalam ordo Squamata. Cicak memiliki tubuh yang kecil, bersisik, dan memiliki ekor yang panjang. Cicak dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, baik di daerah tropis maupun subtropis.

Terdapat berbagai jenis cicak di dunia, antara lain:

Jenis Cicak
Cicak Rumah Cicak yang biasa ditemukan di dalam rumah atau bangunan. Memiliki warna cokelat atau abu-abu dengan garis-garis gelap di punggungnya.
Cicak Tokek Cicak yang memiliki ukuran yang lebih besar dari cicak rumah. Memiliki warna cokelat atau hijau dengan bintik-bintik berwarna gelap.
Cicak Kadal Cicak yang memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki ekor yang lebih panjang. Memiliki warna cokelat atau hijau dengan garis-garis terang di punggungnya.

Setiap jenis cicak memiliki karakteristik dan habitat yang berbeda-beda. Cicak rumah biasanya ditemukan di dalam rumah atau bangunan, sedangkan cicak tokek dan cicak kadal lebih banyak ditemukan di luar ruangan, seperti di pohon atau bebatuan.

Cara Mengusir dan Membasmi Cicak

Jika kehadiran cicak di rumah dirasa mengganggu, maka terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir atau membasminya. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Menjaga Kebersihan: Cicak cenderung tertarik pada tempat-tempat yang kotor dan berantakan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah merupakan cara yang efektif untuk mengusir cicak.
  • Menutup Celah dan Lubang: Cicak dapat masuk ke dalam rumah melalui celah dan lubang yang ada di dinding, lantai, atau atap. Tutup semua celah dan lubang tersebut untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah.
  • Menggunakan Pembasmi Serangga: Cicak merupakan hewan pemakan serangga. Oleh karena itu, menggunakan pembasmi serangga dapat membantu mengurangi populasi serangga di rumah, sehingga cicak tidak tertarik untuk masuk.
  • Memasang Perangkap: Terdapat berbagai jenis perangkap yang dapat digunakan untuk menangkap cicak, seperti perangkap perekat atau perangkap umpan. Pasang perangkap di tempat-tempat yang sering dilalui cicak.
  • Menggunakan Bahan Alami: Terdapat beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir cicak, seperti bawang putih, merica, atau cengkeh. Letakkan bahan-bahan tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui cicak.

FAQ tentang Cicak di Rumah Menurut Islam

  • Apakah cicak di rumah menurut Islam termasuk najis? Ya, cicak dianggap sebagai hewan najis besar karena air liurnya mengandung racun.
  • Apakah diperbolehkan membunuh cicak di rumah? Ya, diperbolehkan membunuh cicak jika keberadaannya dirasa mengganggu. Namun, harus dibunuh dengan cara yang tidak menyiksa.
  • Apakah cicak membawa keberuntungan? Dalam beberapa kepercayaan masyarakat, cicak dipercaya dapat membawa keberuntungan dan rezeki.
  • Apakah cicak dapat menyebabkan penyakit? Ya, cicak dapat membawa penyakit, seperti tifus dan salmonella.
  • Bagaimana cara mengusir cicak di rumah? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir cicak di rumah, seperti menjaga kebersihan, menutup celah dan lubang, menggunakan pembasmi serangga, memasang perangkap, dan menggunakan bahan alami.

Kesimpulan

Kehadiran cicak dalam jumlah banyak di rumah dapat menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, kehadiran cicak dapat membantu mengontrol populasi serangga dan memberikan pelajaran bagi anak-anak. Di sisi lain, kehadiran cicak dalam jumlah banyak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, membawa penyakit, dan merusak barang-barang berharga.

Oleh karena itu, penting bagi penghuni rumah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kehadiran cicak di rumah. Jika kehadiran cicak dirasa mengganggu, maka dapat dilakukan upaya-upaya untuk mengusir atau membasminya. Namun, jika kehadiran cicak dirasa tidak terlalu mengganggu, maka tidak perlu dilakukan upaya khusus untuk mengusir atau membasminya.

Dalam ajaran Islam, cicak dianggap sebagai hewan najis besar. Namun, Islam tidak melarang secara tegas keberadaan cic