pengertian lingkungan menurut para ahli

Halo, selamat datang di stempelexpress.co.id. Dalam artikel ini, kita akan mengulas pengertian lingkungan menurut para ahli. Pengertian lingkungan sangat penting untuk kita pahami karena lingkungan berperan sangat penting dalam kehidupan manusia.

Pendahuluan

Lingkungan adalah sebuah sistem dinamis yang terdiri dari faktor-faktor fisik, kimia, dan biologis yang saling berinteraksi dan membentuk kehidupan di bumi. Faktor-faktor tersebut meliputi udara, air, tanah, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Pemahaman tentang lingkungan sangat penting karena mempengaruhi kesehatan, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup manusia. Polusi, degradasi lingkungan, dan perubahan iklim adalah beberapa masalah lingkungan yang mengancam kehidupan manusia dan planet bumi.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk melindungi dan melestarikan lingkungan demi menjaga kelangsungan hidup generasi mendatang.

Pengertian Lingkungan Menurut Ahli

1. Emil Salim

“Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.”

2. UU No. 32 Tahun 2009

“Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.”

3. Brundtland Commission

“Lingkungan adalah suatu sistem yang kompleks dan rapuh yang memungkinkan kehidupan di bumi. Lingkungan terdiri dari empat komponen utama: atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer.”

4. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

“Lingkungan adalah semua faktor eksternal yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan manusia, baik fisik, mental, maupun sosial.”

5. Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP)

“Lingkungan adalah sistem kehidupan yang kompleks yang mencakup semua organisme hidup dan benda-benda tak hidup di bumi, serta interaksi di antara mereka.”

6. The Nature Conservancy (TNC)

“Lingkungan adalah semua hal yang mengelilingi kita dan menopang kehidupan di bumi, termasuk udara, air, tanah, tumbuhan, hewan, dan manusia.”

7. World Wildlife Fund (WWF)

“Lingkungan adalah seluruh sistem alam yang saling terhubung dan mendukung kehidupan di bumi, termasuk manusia dan semua organisme hidup lainnya.”

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Kelebihan

* Komprehensif: Pengertian lingkungan menurut para ahli di atas cukup komprehensif karena mencakup berbagai aspek lingkungan, mulai dari faktor fisik hingga aspek sosial.
* Relevan: Pengertian lingkungan menurut para ahli sangat relevan dengan kehidupan manusia karena menunjukkan pentingnya lingkungan bagi kesehatan, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup manusia.
* Ilmiah: Pengertian lingkungan menurut para ahli didasarkan pada penelitian ilmiah dan teori-teori yang diakui secara luas.

Kekurangan

* Subjektif: Pengertian lingkungan dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan nilai-nilai individu.
* Statis: Pengertian lingkungan menurut para ahli cenderung statis dan tidak mempertimbangkan perubahan dinamis yang terjadi di lingkungan.
* Terfokus pada Manusia: Beberapa pengertian lingkungan terlalu berfokus pada perspektif manusia dan kurang mempertimbangkan pentingnya semua makhluk hidup dalam ekosistem.

Tabel Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

No Ahli Pengertian Lingkungan
1 Emil Salim Segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
2 UU No. 32 Tahun 2009 Kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia.
3 Brundtland Commission Sistem kompleks yang memungkinkan kehidupan di bumi dan terdiri dari atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer.
4 WHO Semua faktor eksternal yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan manusia, baik fisik, mental, maupun sosial.
5 UNEP Sistem kehidupan kompleks yang mencakup semua organisme hidup dan benda tak hidup di bumi, serta interaksinya.
6 TNC Semua hal yang mengelilingi kita dan menopang kehidupan di bumi, termasuk udara, air, tanah, tumbuhan, hewan, dan manusia.
7 WWF Seluruh sistem alam yang saling terhubung dan mendukung kehidupan di bumi, termasuk manusia dan semua organisme hidup lainnya.

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan?
  2. Mengapa pengertian lingkungan itu penting?
  3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan?
  4. Bagaimana cara melindungi lingkungan?
  5. Apa saja dampak negatif kerusakan lingkungan?
  6. Apa peran manusia dalam menjaga lingkungan?
  7. Apa saja manfaat menjaga lingkungan?
  8. Apa saja upaya internasional untuk melindungi lingkungan?
  9. Apa saja solusi untuk mengatasi masalah lingkungan?
  10. Bagaimana cara mendidik masyarakat tentang pentingnya lingkungan?
  11. Apa peran teknologi dalam melindungi lingkungan?
  12. Apa saja contoh nyata kerusakan lingkungan?
  13. Apa saja contoh nyata upaya pelestarian lingkungan?

Kesimpulan

Lingkungan adalah sistem kompleks yang memainkan peran vital dalam kehidupan manusia. Pengertian lingkungan menurut para ahli memberikan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek lingkungan dan menekankan pentingnya melestarikannya untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup kita.

Dengan memahami pengertian lingkungan, kita dapat mengambil tindakan untuk melindungi dan melestarikannya demi generasi sekarang maupun mendatang. Kita harus menyadari dampak aktivitas kita terhadap lingkungan dan membuat pilihan yang berkelanjutan untuk mengurangi polusi, meminimalkan degradasi lingkungan, dan memitigasi perubahan iklim.

Dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan untuk semua makhluk hidup.

Kata Penutup

Artikel ini telah mengulas pengertian lingkungan menurut para ahli dan menekankan pentingnya melestarikan lingkungan untuk generasi sekarang dan mendatang. Dengan memahami pengertian lingkungan, kita dapat mengambil tindakan nyata untuk melindungi dan melestarikannya. Ingatlah bahwa lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, dan kita semua memiliki peran dalam menjaga kesehatannya.