tanaman yang baik ditanam di kuburan menurut islam

Halo, selamat datang di stempelexpress.co.id.

Sejak dahulu, masyarakat Indonesia terbiasa mengunjungi makam kerabatnya yang telah meninggal dunia, terutama saat menjelang bulan ramadan dan hari raya. Masyarakat percaya bahwa dengan mengunjungi makam, mereka dapat mengirimkan doa dan harapan agar almarhum atau almarhumah mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan.

Selain berziarah, masyarakat Indonesia juga kerap menata makam kerabatnya dengan berbagai tanaman hias. Hal ini dilakukan untuk memperindah tampilan makam dan memberikan kesan asri. Namun, tahukah kamu bahwa dalam ajaran Islam, terdapat beberapa jenis tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di kuburan?

Pendahuluan

Makna Penanaman Tanaman di Kuburan

Masyarakat Indonesia percaya bahwa menanam tanaman di kuburan merupakan bentuk penghormatan dan kasih sayang kepada almarhum. Tanaman tersebut dianggap sebagai simbol kehidupan dan harapan, sekaligus menjadi pengingat akan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu.

Pandangan Islam tentang Penanaman Tanaman di Kuburan

Dalam ajaran Islam, tidak ada larangan khusus untuk menanam tanaman di kuburan. Namun, terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Tanaman yang ditanam tidak boleh menghalangi jalan atau mengganggu aktivitas peziarah.
  • Tanaman yang ditanam tidak boleh merusak struktur atau nisan makam.
  • Tanaman yang ditanam tidak boleh jenis tanaman yang berduri atau beracun.

Jenis Tanaman yang Dianjurkan

Dalam riwayat hadis, Rasulullah SAW menganjurkan untuk menanam beberapa jenis tanaman di kuburan, antara lain:

  • Sidr (bidara)
  • Nabiq (kurma)
  • Dahab (belimbing)

Hikmah Penanaman Tanaman di Kuburan

Selain memperindah tampilan makam dan memberikan kesan asri, penanaman tanaman di kuburan juga memiliki hikmah tersendiri, yaitu:

  • Memberi manfaat bagi makhluk hidup
  • Menjadi pengingat tentang kematian
  • Menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan

Kelebihan dan Kekurangan Penanaman Tanaman di Kuburan

Kelebihan

Beberapa kelebihan menanam tanaman di kuburan, antara lain:

  1. Memperindah tampilan makam dan memberikan kesan asri.

  2. Memberi manfaat bagi makhluk hidup, seperti menjadi sumber makanan bagi burung dan serangga.

  3. Menjadi pengingat tentang kematian dan mendorong untuk beribadah.

Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, penanaman tanaman di kuburan juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Butuh perawatan rutin, seperti penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan.

  2. Jika tidak dirawat dengan baik, tanaman dapat layu atau mati, sehingga merusak pemandangan makam.

  3. Beberapa jenis tanaman dapat tumbuh liar dan mengganggu aktivitas peziarah.

Jenis-Jenis Tanaman yang Baik Ditanam di Kuburan

Sidr (Bidara)

Sidr atau bidara merupakan jenis tanaman yang paling dianjurkan untuk ditanam di kuburan. Dalam riwayat hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menanam pohon sidr di kuburan, maka setiap hari malaikat akan meminta ampunan baginya.” Selain itu, buah sidr juga dapat dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Nabiq (Kurma)

Pohon kurma juga termasuk jenis tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di kuburan. Selain bernilai ekonomis, buah kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam riwayat hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menanam pohon kurma di kuburan, maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang menanam kurma di dunia.”

Dahab (Belimbing)

Belimbing merupakan jenis tanaman yang juga dianjurkan untuk ditanam di kuburan. Buah belimbing memiliki rasa yang asam dan menyegarkan. Selain itu, buah belimbing juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang dapat ditanam di kuburan untuk memperindah tampilan. Rumput ini memiliki tekstur yang halus dan dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi tanah. Selain itu, rumput gajah mini juga mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak air.

Puring

Puring merupakan jenis tanaman hias yang memiliki banyak warna daun. Tanaman ini dapat ditanam di kuburan untuk memperindah tampilan dan memberikan kesan asri. Selain itu, puring juga dapat menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen.

Tanaman Herbal

Beberapa jenis tanaman herbal, seperti kemangi, basil, dan rosemary, juga dapat ditanam di kuburan. Tanaman ini memiliki aroma yang harum dan dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti meredakan stres, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi peradangan.

Tanaman Bunga

Beberapa jenis tanaman bunga, seperti mawar, melati, dan kamboja, juga dapat ditanam di kuburan untuk memperindah tampilan dan memberikan kesan asri. Tanaman bunga juga dapat melambangkan keindahan, keharuman, dan harapan.

Tabel Jenis Tanaman yang Baik Ditanam di Kuburan

Jenis Tanaman Manfaat Perawatan
Sidr (Bidara) Memberi manfaat bagi makhluk hidup, menjadi pengingat tentang kematian, melambangkan keteguhan Penyiraman teratur, pemupukan
Nabiq (Kurma) Memberi manfaat bagi makhluk hidup, bernilai ekonomis, melambangkan kemuliaan Penyiraman teratur, pemupukan
Dahab (Belimbing) Memberi manfaat bagi makhluk hidup, melambangkan kesegaran, kejernihan Penyiraman teratur, pemupukan
Rumput Gajah Mini Memperindah tampilan, mudah dirawat, melambangkan kerendahan hati Penyiraman secukupnya, pemangkasan
Puring Memperindah tampilan, menyerap polusi udara, melambangkan keberagaman Penyiraman teratur, pemangkasan daun
Tanaman Herbal Memberi aroma harum, manfaat kesehatan, melambangkan kesabaran Penyiraman teratur, pemupukan
Tanaman Bunga Memperindah tampilan, melambangkan keindahan dan harapan Penyiraman teratur, pemangkasan bunga layu

FAQ

  • Apa saja tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di kuburan?

  • Tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di kuburan adalah sidr (bidara), nabiq (kurma), dahab (belimbing), rumput gajah mini, puring, tanaman herbal, dan tanaman bunga.

  • Apa hikmah penanaman tanaman di kuburan?

  • Hikmah penanaman tanaman di kuburan antara lain memberi manfaat bagi makhluk hidup, menjadi pengingat tentang kematian, dan menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan.

  • Apakah ada larangan menanam tanaman di kuburan?

  • Dalam ajaran Islam tidak ada larangan khusus untuk menanam tanaman di kuburan. Namun, terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, seperti tidak menghalangi jalan, merusak struktur makam, dan memilih jenis tanaman yang tidak berduri atau beracun.

  • Bagaimana cara merawat tanaman yang ditanam di kuburan?

  • Cara merawat tanaman yang ditanam di kuburan adalah dengan memberikan penyiraman teratur, pemupukan sesuai kebutuhan, dan pemangkasan untuk menjaga bentuk dan kesehatan tanaman.

  • Bolehkah menanam pohon besar di kuburan?

  • Diperbolehkan menanam pohon besar di kuburan, tetapi harus diperhatikan jenis pohon yang dipilih dan lokasinya. Jangan memilih pohon yang berakar kuat dan merusak struktur makam, serta jangan menanam pohon terlalu dekat dengan nisan atau bangunan lain.